Breaking News

Kejar Profit, Masuk Bisnis EO

SPBU milik Aneka Usaha Kulonprogo, Jawa Tengah. [pdaukp]
Bisnis event organizer atau EO memang menggiurkan. Tak hanya kalangan swasta yang  tergiur bisnis ini. Aneka Usaha, perusahaan daerah milik Pemkab Kulonprogo, Jawa Tengah, pun sama melelehnya. Dalam waktu dekat ini mereka akan menghidupkan kembali divisi Event Organizer (EO)-nya.

Dan itu, apalagi kalau bukan untuk mengejar profit. Demi meningkatkan sumbangan mereka ke Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Kulonprogo. "Apapun bisa digarap dan tidak dibatasi, yang penting profit oriented, dan ada kontribusinya kepada PAD," kata Direktur Utama PD Aneka Usaha, Suharyanto, Ahad, 9 September 2018.

Dan Suharyanto meyakini EO sebagai salah satu sektor usaha yang prospektif untuk digarap dan meraup keuntungan dalam waktu cepat. "Banyak event yang bisa digarap dan segmen penggunanya tidak dibatasi. Mulai dari instansi pemerintahan, swasta, bahkan masyarakat umum," kata Suharyanto. "Tahun ini saja sedikitnya ada tiga acara kepemerintahan yang penggarapannya diserahkan kepada Aneka Usaha, termasuk acara di akhir tahun nanti," tandas dia.

Saat ini, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) tersebut menjalankan tiga unit usaha: Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), Perdagangan Umum, dan Perbengkelan. Unit EO berada di Divisi Perdagangan Umum lantaran belum banyak mendatangkan keuntungan.

Diakui Suharyanto, kiat menghidupkan unit EO ini tak sertamerta. Aneka Usaha diminta untuk menggairahkan lagi profit perusahaan dalam upaya membantu peningkatan PAD. "Karena itu, berbagai sektor usaha yang berpotensi mendatangkan profit,  akan kita garap," kata Suharyanto.(tribunjogja)


No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.