Breaking News

Tips Bisnis Event Organizer

Sebuah pertunjukkan musik yang diselenggarakan sebuah Event Organizer. [CC-Farrokh Bulsara]
Berniat membuka bisnis Event Organizer? Berikut adalah beberapa tips jitu dalam menjalankan bisnis yang kian menjamur itu:

1. Memiliki Tim yang Solid
Memiliki teman yang tertarik dengan bisnis yang sama, atau memiliki pengalaman di bidang EO bisa membuat Anda membangun bisnis yang baik. Namun akan jadi percuma jika crew tersebut tidak solid dan professional, sudah tentu tidak akan sukses. Setiap crew harus mendapat job description masing-masing yang kemudian juga harus melaporkan progresnya masing-masing.

2. Modal yang Cukup
Hampir semua bisnis akan membutuhkan sejumlah modal. Termasuk bisnis EO. Karenanya, pastikan memiliki sejumlah modal awal yang cukup untuk menjalankan bisnis ini, sebab setiap acara yang ditangani EO akan membutuhkan biaya. Mulai dari membayar sewa tempat, honor pengisi acara, bahkan perbanyakan proposal atau sekadar meeting dengan tim. 

3. Ide Kreatif dan Inovasi
Dalam menyewa jasa EO, para konsumen pasti membutuhkan orang-orang yang kreatif dengan ide-ide inovasi yang relevan dan menarik. Dan ini sudah menjadi sebuah kewajiban bagi seorang EO untuk memiliki ide-ide kreatif dan memiliki inovasi yang benar-benar menghadirkan daya tarik.

4. Pengalaman
Sepertinya sudah menjadi hal yang penting bahwa dalam menjalankan bisnis di bidag Event Organizer setidaknya harus memiliki pengalaman terlebih dahulu. Jadi pada umumnya, orang-orang pemilik jasa EO kebanyakan dahulunya pernah bekerja pada perusahaan EO. Berbekal pengalaman tersebutlah, Anda dapat mengetahui bagaimana cara, prosedur mengelola kegiatan, mulai dari masalah penyusunan proposal hingga eksekusi di lapangan.

5. Miliki Banyak Relasi
Sebuah perusahaan EO biasanya memiliki banyak relasi seperti perusahaan, sekolah, maupun intstansi lain. Dengan semakin banyaknya relasi memungkinkan semakin banyak yang menggunakan jasa EO Anda. Jangan canggung untuk bergaul dengan orang-orang kaya, karena pada umumnya pengguna jasa EO adalah kalangan menengah ke atas.

6. Miliki Mitra Kerja
Event Organizer bisa dikatakan adalah tim yang mengerjakan segalanya dalam acara. Perlu banyak crew dan perlu banyak memiliki mitra kerja. Anda harus bekerja sama dengan ahli dan pemilik sound system, tata lampu, penggung atau scafholding serta konstruksi rigging, perlengkapan meja, kursi, partisi, karpet, fotografer, videografer, alat musik, desainer grafis, penampil acara, MC dan lain sebagainya. Pastikan mitra kerja Anda memiliki kualitas SDM dan peralatan bagus karena akan berpengaruh pada reputasi jasa EO Anda.

No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.